Durasi : 1 JP
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat memberikan umpan balik dengan paradigma berpikir dan prinsip coaching.
CGP dapat mempraktikkan rangkaian supervisi akademik yang berdasarkan paradigma berpikir coaching.
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Kita telah mengeksplorasi peran seorang coach dan bagaimana kita membangun percakapan yang memberdayakan potensi rekan sejawat kita. Dengan memiliki paradigma berpikir coaching, kita bersama akan meningkatkan peran kita di sekolah sebagai seorang supervisor. Supervisor yang dimaksud dapat diperankan oleh kepala sekolah, guru senior dan rekan sejawat.
Bukan hal yang mudah pastinya, karena apa yang selama ini kita alami ketika sedang disupervisi merupakan pengalaman yang berbeda. Hal yang serupa ini juga dialami oleh Pak Lukman dalam usahanya mengembangkan kompetensi dirinya sebagai seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi akademik terhadap rekan-rekan gurunya.
Mari kita simak video berikut ini dimana Pak Lukman sedang menjalani percakapan coaching terkait situasi yang dihadapi:
Pertanyaan Refleksi :
Bagaimana Anda selama ini melihat dan merasakan peran supervisi akademik dalam proses pengembangan diri Anda?
Silahkan tuangkan ringkasan pemahaman Bapak/Ibu pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!
Bapak/Ibu juga diminta untuk memberikan komentar terhadap jawaban yang dikirimkan oleh peserta lain, dengan meng-klik tombol Reply pada jawabannya