Done: View
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, Kami mengucapkan terimakasih untuk semangat yang ditunjukkan selama mengikuti pembelajaran dan pembahasan pada materi “Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid”.
Modul ini menggambarkan bagaimana kepimpinan murid dapat dibangun dengan memberikan ruang dan kesempatan kepada murid untuk bersuara, memilih, dan mempunyai rasa kepemilikan. Ruang dan kesempatan ini tentu juga harus dengan dukungan semua pihak yang ada di dalam ekosistem sekolah, tidak terkecuali keterlibatan orang tua dan komunitas lain. Selain konsep tentang bagaimana kepemimpinan murid, modul ini pun memberikan keterampilan untuk dapat merancang program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakulikuler yang menjadi wadah murid dalam menunjukkan sikap kepemimpinannya.
Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid adalah sub bahasan terakhir pada paket Modul 3 dan merupakan bagian rangkaian paling akhir dari keseluruhan modul yang dipelajari pada Program Pendidikan Guru Penggerak ini. Dengan demikian, Bapak dan Ibu sudah melewati berbagai topik dan materi, tahapan diskusi, sampai tiba saatnya Bapak dan Ibu mengaktualisasikan semua harapan dan cita-cita dalam perjuangan nyata agar menjadi penggerak bagi ekosistem sekolah. Untuk itu kami mengucapkan SELAMAT untuk Anda!
Tetaplah semangat!
Instruktur Modul 3 Sub Modul 3
Daftar Pustaka
Bandura, A. (2006). Toward a psychology of human agency. Perspectives on psychological science.
Noble, T. & H. McGrath. (2016). The PROSPER school pathways for student wellbeing policy and practices. SpringerBriefs in Well-Being and Quality of Life Research. Springer: Strathfield, NSW, Australia.
International Baccalaureate Organization (2018). The learner.
OECD (2019). The Future of Education and Skills. OECD Learning Compass 2030 A series of concept notes.
Senge, Peter et.al (2012). School That Learns. London