1.4.a.10 Penutup Modul 1.4
1.4.a.10 Penutup Modul 1.4
Teruntuk Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Selamat! Anda telah berhasil mengikuti rangkaian pembelajaran terkait Budaya Positif di sekolah. Terima kasih sudah dengan antusias mengikuti perjalanan berproses menuju pendidikan Indonesia yang lebih baik. Membentuk budaya sekolah dengan berfokus pada kebutuhan murid dan pertumbuhan karakter positif bukanlah hal yang mudah, tetapi Anda berhasil melaluinya dan merencanakan yang terbaik untuk murid dan sekolah. Buah dari kerja keras ini dapat terlihat ketika kita menyadari bahwa murid kita telah bertumbuh menjadi seorang dewasa yang sukses di pekerjaan, kehidupan, dan relasinya dengan orang lain dengan karakter yang memiliki integritas tinggi, bertanggung jawab, dapat diandalkan, berbudi pekerti luhur, dan bermanfaat bagi lingkungan dan negara.
Materi terkait budaya positif adalah akhir dari paket modul satu, akan tetapi perjalanan Anda menjadi Guru Penggerak baru dimulai. Setelah memahami dan mendalami pondasi yang diperlukan dalam menyusun budaya di sekolah, Anda akan bertemu dengan paket modul lain yang dapat diterapkan secara teknis dalam proses belajar mengajar. Anda akan belajar dan mencoba banyak hal baru yang menarik dan menjadi bekal dalam mengembangkan pendidikan Indonesia yang semakin baik lagi. Selamat berproses!
Salam semangat dan salam Guru Penggerak!
Center for Curriculum Redesign. (2015). Character Education for the 21st Century: What Should Students Learn?. Boston, Massachusetts,
Centre for Justice and Crime Prevention and the Department of Basic Education. (2012). Positive Discipline and Classroom Management-Course Reader. Cape Town.
Covey, S.R. (1991). Principle-Centered Leadership. New York: Simon and Schuster.
Deal, T. E. & Peterson, K. D. (1999). Shaping school culture: The heart of leadership. San Francisco, CA: Jossey-Bass
Dewantara, K.H. (2013). Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Cetakan Kelima.
Durrant, J. (2010). Positive Discipline in Everyday Teaching: A guide for educators. Sweden: Save the Children
Fullan, M. (2007). The new meaning of educational change. New York: Routledge.
Gossen, D. (1997). It’s Okay To Make Mistakes. Diakses dari https://www.esd.ca/Programs/Restitution/Documents/It's%20Okay%20to%20Make%20Mistakes%20Article.pdf
Gossen, D.C. (1998). Restitution-Restructuring School Discipline, Revised Edition. Chapel Hill, North Carolina: New Vlew Publications.
Gossen, D. (2004). It's All About We: Rethinking Discipline Using Restitution. Diakses dari https://www.summiteducation.ca/five-positions-of-control/
Graff, C. E. (2012). The effectiveness of Character Education Programs in Middle and High Schools. Counselor Education Master’s Theses, 127.
Kohn, A. (1993) Punished by Rewards, The Trouble With Gold Stars, Incentive Plans, A’s, Praise. Boston-New York: Houghton Mifflin Company,.
Lickona, T., Schapsa, E., Lewis, C. (2002). Eleven Principles of Effective Character Education. Character Education Partnership (www.character.org)
Nelsen, J. (2021b). Focus On Solutions. Diakses dari https://www.positivediscipline.com/articles/focus-solutions
Nelsen, J. (2021a). Mistakes Are Wonderful Opportunities To Learn. Diakses dari https://www.positivediscipline.com/articles/mistakes-are-wonderful-opportunities-learn
Nelsen, J, Lott, L., and Glennn, H.S. (2000). Positive discipline in the classroom: Developing Mutual Respect, Cooperation, and Responsibility in Your Classroom. New York: Three Rivers Press.
Nofijantie, L. (2012). Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS XII). 2947 - 2970
Positive Discipline. (2020). Positive Discipline: Creating respectful relationships in homes and schools. www.positivediscipline.com/what-is-positive-discipline.html.
RAPCAN. (2008). An Educator’s Guide to Positive Discipline. Diakses dari www.rapcan.org.za/File_uploads/Resources/teaching%20positive%20discipline%20screen.pdf
Stolp, S., and Stuart C. S. (1994). School Culture and Climate: The Role of the Leader. OSSC Bulletin. Eugene: Oregon School Study Council, January 1994.
Yayasan Pendidikan Luhur - Foundation for Excellence in Education. (2006). Training for Trainers (TOT) Materi Pembelajaran Kebajikan dan Manajemen
Well done!